2 Tahun Setelah Ganti Sistem pembelian Tiket Teater JKT48, Semakin Baik, Buruk atau Sama Saja ?

Mengutip dari wikipedia, Teater JKT48 adalah teater eksklusif untuk pertunjukan JKT48 dan grup-grup saudarinya. Teater ini berada di lantai 4 mal fX Sudirman Jakarta. Pembukaan teater ini dilakukan pada 8 September 2012 dengan pementasan setlist “Pajama Drive” yang dimulai pukul 14.00. Seluruhnya ada 16 lagu yang dibawakan JKT48 termasuk encore.

Teater JKT48 berkapasitas sekitar 400 orang, 260 kursi untuk penonton duduk, dan 140 penonton berdiri, meskipun kadang-kadang penonton berdiri bisa melebihi jumlah itu. Luas panggung teater kira-kira 30 m2 JKT48 hanya tampil sekali sehari pada hari kerja, pada pertunjukan malam pukul 19.00. Dua pertunjukan digelar setiap harinya pada hari Sabtu, pertunjukan siang pukul 14.00 dan pertunjukan malam pukul 19.00. Untuk hari minggu dan hari libur, pertunjukan siang pukul 12.00 dan pertunjukan sore pukul 16.00.

Format penampilan rutin dalam setting panggung ala teater telah menjadi karakter khas dari AKB48 dan grup-grup saudari kembar mereka. Teater menjadi wujud nyata dari slogan “idola yang dapat kamu temui” dan konsep tumbuh berkembang bersama fans. Disinilah AKB48 dan grup-grup saudari kembar mereka menggelar pertunjukan rutin hampir setiap hari dengan penonton yang terbatas. Sehingga memungkinkan adanya interaksi yang intens dengan para penonton. Para fans dapat memantau perkembangan anggota favorit mereka untuk meraih impiannya sebagai seorang bintang. Karena itulah sejak JKT48 terbentuk di akhir 2011, teater JKT48 sangat ditunggu-tunggu keberadaannya oleh para fans, terutama mereka yang sebelumnya telah menjadi fans AKB48.

Pada Tanggal 1 desember 2016 pihak JKT48 Operational Team (JOT) mengubah sistem pembelian tiket teater JKT48 yang awalnya berupa undian menjadi first come first serve. Bisa dibilang orang yang mengantri pertama akan dilayani dahulu. Ada 2 metode pembelian tiket pertunjukan teater JKT48 yaitu :

  • Membeli tiket secara online melalui official website JKT48
  • Membeli tiket langsung di loket tiket teater JKT48 (On the Spot)

Detail cara membeli tiket pertunjukan teater JKT48 bisa disimak di situs web mereka disini ataupun yang ingin melihat tutorial membeli tiket teater JKT48 yang dilakukan oleh Devi, Zara dan Aya disini

Perubahan yang terjadi pada saat itu merupakan perubahan yang cukup mengejutkan para konsumen setianya, penggemarnya atau fandom yang sering kali mengkritik kinerja dari JKT48 Operational Team. bagi kalian-kalian yang udah mengikuti dan sering menonton teater JKT48 dengan sistem undian pasti ga asing sama namanya punya banyak akun di web JKT48 agar bisa memiliki kesempatan besar mendapatkan email untuk menonton JKT48, ada juga yang beberapa fans yang oper operan email verifikasi untuk menonton bahkan menjualnya dan penulis pernah menemukan ada fenomena ada beberapa orang yang menjual akun dengan jumlah kedatangan tertentu agar mendapat jalan pintas menuju MVP. Pada saat sistem itu berlaku, data pribadi kita dapat diubah ubah secara bebas karena itu fenomena ini pernah terjadi dan menurut saya itu kekurangan sistem pembelian tiket teater JKT48 pada saat itu.

Menurut saya langkah JKT48 untuk mengubah sistem pembelian tiket teater JKT48 patut diapresiasi karena tujuan mereka mengubah sistem tersebut dapat menghilangkan “flaws” dari sistem yang lama. Ya memang pada awal penerapan dan eksekusi terjadi masalah karena baik fans/konsumen dan pihak JKT48 perlu beradaptasi. Pada waktu itu fans menganggap beli langsung di loket teater lebih efektif karena fans pada saat itu direpotkan dengan harus top up JKT48 point jika ingin membeli tiket pertunjukan secara online. Namun, seiring berjalannya waktu membeli tiket teater JKT48 secara online dengan menggunakan JKT48 point ini memiliki manfaat. Terlebih setiap pengisian JKT48 point terdapat bonus setiap pengisian dengan kelipatan nominal tertentu.

Fenomena perubahan sistem pembelian tiket JKT48 ini membuat saya mendapatkan ide mengenai tugas akhir skripsi saya mengenai layanan sistem pembelian tiket teater JKT48. Saya ingin membuktikan bahwa teori mengenai Technology Acceptance Modeloleh Davis (1989) dan Pavlou (2003) menunjukan bahwa niat orang orang untuk menggunakan sistem dalam hal ini membeli tiket teater JKT48 dipengaruhi oleh :

  • Perceived usefulness
  • Perceived ease-of-use
  • Perceived risk

Sebenarnya masih banyak lagi studi mengenai Technology Acceptance Model ini untuk mengamati fenomena ini. Dari hal ini saya mengatakan bahwa layanan pembelian tiket JKT48 tak lepas dari hal kemudahan, manfaat, dan risiko. Jika pihak JKT48 memperhatikan paling tidak ketiga hal ini saya rasa layanan sistem pembelian tiket JKT48 akan semakin baik. Terlebih jika JKT48 ingin menjadikan teater mereka ingin menjadi destinasi wisata Jakarta bahkan Indonesia seperti Sister Group mereka yaitu AKB48 yang menjadikan pertunjukan teater mereka menjadi destinasi wisata di jepang. Penulis Menyarankan selain menyempurnakan layanan pembelian tiket teater JKT48 ada fitur lain yang harus ditambahkan yaitu :

  • Pembelian JKT48 point melalui transfer antar bank dapat dilakukan secara real time
  • Pembelian JKT48 point dapat dilakukan dengan e-money lain (OVO, GoPay, Dana, dsb)
  • Pembelian tiket dapat dilakukan di situs web yang biasa melayani pembelian tiket konser atau teater atau sirkus (Go-Tix, RajaKarcis, dsb)
  • Keamanan ditingkatkan untuk pembelian dengan kartu kredit

Sekian tulisan saya mengenai dua tahunnya sistem pembelian tiket pertunjukan teater JKT48 konsumen lah yang dapat menilai dua tahun ini apakah layanan ini berjalan dengan baik, buruk atau tidak ada efeknya sama sekali. Ok @maulanadri25 out !

Share to everyone

1 Comment

  1. Bagi saya lebih baik. Kemarin saya liburan ke Tokyo dan ternyata teater AKB48 masih harus dilotrekan.. sulit, apalagi websitenya tidak menyediakan terjemahan bahasa Inggris. akhirnya tdk nonton dan berharap ada pilihan untuk beli OTS seperti di Jakarta

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here