Baru saja kemarin malam (23/02), ada pengumuman bahagia yang menurut saya menarik untuk dibahas. Viny, anggota JKT48 generasi dua yang Oktober lalu diturunkan menjadi trainee setelah sebelumnya menjabat kapten Tim K3, kembali diangkat menjadi anggota tim K3, melalui pengumuman sederhana bersama dengan perayaan ulang tahunnya, hanya dalam kurun waktu lima bulan.

Pengumuman ini menjadi menarik karena tidak seperti pengumuman bahagia lainnya. Fans meresponnya dengan dua sikap; sikap yang mendukung dan sikap yang menolak keputusan tersebut. Saya akan membahas dua sikap tersebut secara bergantian, dan menimbang bagaimana sebaiknya fans, atau saya setidaknya, dalam bersikap terkait keputusan tersebut.

Viny adalah member penting, kehadirannya krusial bagi JKT48 pada umumnya, dan tentu bagi Tim K3 pada khususnya. Kontribusinya sebelum diturunkan menjadi trainee beragam, Viny berperan sebagai senior yang tentu saja harus menjadi patron bagi juniornya.

Dia juga menjadi kapten yang baik bagi Tim K3 ketika 2016 silam. Hampir setengah dari anggota JKT48 generasi dua yang menjadi anggota Tim K3 dipindahkan ke Tim J, dan semuanya member yang cukup penting, misalnya saja Naomi, Yona, dan Devil’s Attack. Sebagai kapten, Viny telah berhasil menyukseskan konser #JanganKasihK3ndor. Dia juga membawa panji K3 ke puncak Gunung Semeru, hal yang sangat membanggakan dan patut diapresiasi.

Jadi ketika beberapa fans mendukung keputusan manajemen untuk mempromosikan Viny, memang masuk akal. Kontribusinya tidak bisa dikesampingkan, dan seperti mengutip kicauan yang saya lihat di Twitter tadi, keputusan manajemen adalah bentuk respek mereka terhadap kontribusi yang telah Viny lakukan. Toh Viny juga berkali-kali mengisyaratkan keinginan untuk kembali ke Tim K3, tim yang membesarkan namanya, tim yang kelahirannya dia bidani dan dia besarkan, bersama kamerad-kamerad generasi dua lainnya.

Lalu mengapa ada fans yang menolak keputusan tersebut? Alasannya banyak, namun satu alasan yang patut digarisbawahi adalah ketidakadilan manajemen dalam bersikap. Ada empat member yang diturunkan menjadi trainee, mereka adalah Viny, Okta, Manda, dan Dena. Tapi hanya Viny saja member yang dibuatkan video bertajuk “Cerita Vienny” oleh manajemen. Padahal ketiga member lainnya juga layak dibuatkan video yang sama, mereka juga memiliki fans loyal yang menantikan cerita tersebut.

Ketidakadilan manajemen mencapai puncaknya ketika Viny, malam tadi (23/02) dipromosikan kembali masuk ke Tim K3. Kenapa begitu cepat? Kenapa terburu-buru? Seakan-akan dipromosikannya Viny kembali ke tim hanyalah siasat manajemen agar Viny bisa merayakan seitansai-nya dengan resmi. Proses promosi tersebut seperti direduksi, jadi tidak sakral lagi.

Saya tidak tahu ada deal apa antara manajemen dengan Viny, dan saya tidak peduli. Tapi yang saya lihat selanjutnya adalah, manajemen seakan gagap untuk memainkan bola sehingga yang terjadi adalah sebuah cerita yang anti-klimaks. Tentu kalian paham jika JKT48 adalah industri yang menjadikan ‘cerita’ sebagai jualannya, setiap fans memiliki cerita masing-masing dengan idolanya, cerita yang personal, cerita yang mungkin tidak akan sama dengan cerita fans lainnya.

Namun untuk kasus Viny, cerita yang telah dibangun oleh manajemen seakan anti-klimaks. Coba lihat dua video “Cerita Viny” tersebut, akan seperti apa akhirannya? Apakah hanya sebatas Viny mampir ketika Tim K3 sedang latihan dan meminta untuk ikut berlatih setlist Saka Agari? Kan tidak sesederhana itu. Apa akhir dari cerita Viny hanya sebatas dia kembali promosi ke Tim K3 untuk berkumpul dan merayakan ulang tahun bersama sahabatnya? Apa yang bisa dijual dari cerita tersebut? Ayolah manajemen, kalian menetapkan standar yang rendah untuk Viny karena saya percaya dia bisa lebih daripada itu.

Ambil contoh Yona, dia dan Viny sama-sama generasi dua, sama-sama membangun Tim K3 dari nol. Yona dipindah ke Tim J, berkembang, berlatih disana, setelah pada akhirnya dia kembali ke Tim K3 dan menjadi kapten. Bukankah hal tersebut bagi fans Yona adalah cerita yang menyenangkan dan mengharukan, kenapa hal yang sama tidak bisa dilakukan Viny?

Patut diingat, saya tidak pernah menolak gagasan Viny untuk kembali ke Tim K3. Saya hanya menolak keputusan terburu-buru manajemen untuk mempromosikannya sekarang, sangat disayangkan. Viny bukan member biasa, saya percaya dia memiliki effort dan visi untuk membawa JKT48 lebih jauh lagi. Jadi kenapa harus membatasi ruang gerak Viny hanya untuk K3, toh pada nantinya dia juga akan diplot sebagai member senior yang bisa membawa JKT48 secara keseluruhan, bukan hanya Tim K3 saja.

Fans punya skenario yang menurut saya lebih baik. Mengapa tidak mempromosikan Viny ke Tim T terlebih dahulu, bukankan Viny bisa membantu Ayana yang didapuk menjadi kapten, membangun Tim T, membimbing member-member generasi dibawah mereka untuk membuat Tim T lebih baik lagi. Setelah itu Viny bisa kembali lagi ke K3, menjadi pribadi yang baru, yang lebih berpengalaman. Bukankah ini klimaks yang menyenangkan?

Tetapi nasi telah menjadi bubur. Bagaimanapun, keinginan Viny untuk bergabung lagi bersama sahabat-sahabatnya harus kita terima dengan lapang dada. “This is your second chance Queen, i’m always watching you.

Sumber Foto : Twitter
Share to everyone

2 KOMENTAR

  1. ini drama paling memuakkan yang saya pernah liat selama 5 tahun ngikutin JKT48.
    sama sekali gak adil buat okta dll, belum juga julie dll

    makin mantap keputusan ini untuk pensiun, bye jkt48, its been fun

  2. keputusan JOT dg mempromosikan viny menjadi bagian dari team KIII semalam terasa seperti drama offline online, serba kebetulan n berurutan. dimulai dari pengumuman promosinya pada saat hari ulang tahunnya, show team KIII semalam tidak diberi keterangan sebagai show perayaan ulang tahun, tapi JOT memberi pengumuman bahwa di show tsb tidak bisa dilakukan oengambilan MVP, tentu ini menjadi tanda tanya untuk follower akun official JKT48. lalu di akhir show setlist believe ada pengumuman dimana viny dipromosikan ke team T atau bisa dibilang pulang ke rumah, lalu karena sudah sebagai member team maka diberi kue ulang tahun dan di akhir show ada birthday photo yang dijual secara OTS. selama ini pengumuman promosi member selalu menjadi pengumuman yg menarik untuk ditunggu karena biasanya terjadi di sebuah event besar seperti handshake festival atau konser, tapi mengapa semalam pengumuman promosi member terjadi hanya di sebuah show teater. daripada begini lebih baik member yang punya kontribusi besar terhadap jekeiti diberi suatu “imunitas” yaitu mau ada masalah apa dibelakang tetap berada dalam posisi aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here