Tak terasa sudah hampir 2 tahun, Team J membawakan setlist Tadaima Renaichuu (Sedang Jatuh Cinta). Setlist ini merupakan setlist ke-5 yang dibawakan oleh Team J dan (menurut saya pribadi) setlist ini adalah salah satu setlist terbaik. Banyak kejadian menyenangkan juga menyebalkan yang terjadi pada setlist terlama di JKT48 ini. Maka dari itu, saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya menikmati perjalanan ‘Jatuh Cinta’ bersama dengan setlist ini.

Shonichi Tadaima Renaichuu
Shonichi Tadaima Renaichuu

Setlist ini memiliki komposisi lagu yang beragam, maksudnya adalah grafik tensi dari lagu-lagu yang berada pada setlist ini bisa membuat kita enjoy saat berada di dalam theater. Jika saya bisa memberikan peringkat tensi dari lagu-lagu yang berada di dalam setlist ini antara angka 1-5 (turun – naik), maka ini adalah urutannya.

M00.Overture - 1 M01. Tadaima Renaichuu - 2 M02. Kuma no Nuigurumi - 3 M03. Only Today - 4 M04. 7Ji 12Fun no Hatsukoi - 3 M05. Haru ga Kuru Made - 2 M06. Junai no Crescendo - 3 M07. Faint - 3 M08. Kikyou - 2 M09. Darui Kanji - 3 M10. Mr. Kissman - 4 M11. Kimi ga Oshiette Kureta - 3 M12. BINGO! - 4 M13. Keibetsu Shiteita Aijou - 3 Encore EN01. LOVE CHASE - 5 EN02. Seifuku ga Jama wo Suru - 4 EN03. Nante Suteki na Sekai ni Umareta no Darou - 3

Setiap lagu pada setlist ini memiliki karakternya masing-masing, mulai dari bentuk cinta kepada seseorang, perasaan tersakiti, perpisahan hingga bertemu kembali. Bahkan sampai sebuah kondisi ‘kebebasan untuk mencintai hingga dicintai’.

Pada setlist ini, Cindy Yuvia berkesempatan untuk menjadi center. Perjuangannya dalam menyikapi perpindahan posisi dari Team KIII ke Team J dengan kualitas performa maksimum selalu ia tunjukan disetiap show-nya. Hal inilah yang membuat saya bangga pada Cindy Yuvia.

Cindy Yuvia
Cindy Yuvia

Tidak hanya dibungkus dengan lagu-lagu yang asik untuk didengar, setlist ini juga meninggalkan banyak kenangan bagi para fans Team J. Ada beberapa perpisahan yang kita alami pada setlist ini seperti: Graduation Melody, Kinal, Uty, dan Ikha. Tidak hanya itu, Yuriva, Saktia, Della, hingga Sisil (Mantan Kapten Team J) pun menyatakan kelulusannya pada saat setlist ini berlangsung.

Re-shuffle Team pun tidak bisa dihindari karena jumlah yang tidak memungkinkan. Akhirnya Team J kedatangan beberapa member ‘Fresh‘ yang siap untuk menjaga kekuatan Team J, seperti hadirnya Stephie, Frieska, Aya, Cindy hingga Ariella yang kembali memperkuat Team J. Perpindahan kapten pun beberapa kali dialami mulai dari Viviyona, Sisil hingga Gaby. Saya sangat percaya dengan terpilihnya Gaby sebagai kapten untuk Team J, Gaby bisa menjaga kekompakan teamnya dengan baik dan amanah untuk menuju kesuksesan.

Tadaima Renaichuu Enjin
Tadaima Renaichuu Enjin

Paragraf ini mungkin akan terasa sangat subjektif. Buat saya Tadaima Renaichuu adalah setlist theater yang bagus tetapi memiliki ambience pononton yang kurang menyenangkan. Ada beberapa hal yang saya rasa kurang sukai selama saya menikmati setlist ini, seperti: chants O A O E, ‘Nembak-nembak’, chants tidak pada tempatnya, hingga suasana Lenong TV (Interaksi antara member dan penonton yang terlalu berlebihan). Saya pribadi suka banget nge-chants, tapi ada ego yang tetap saya jaga seperti ini, “Kayanya ini ga cocok deh kalo ada chant disini dan lebih baik tidak perlu dipaksakan daripada merusak lagu”.

Tidak semua lagu perlu ada chants dan tidak perlu mengganggu kenyamanan orang lain untuk mendapatkan sebuah atensi. Hal ini terbukti dengan ketimpangan antara Bingo Biru yang sangat ramai ‘berisik’ ketimbang Bingo Hijau yang dimana penontonnya lebih santai dan tenang. Semua ini kembali ke preferensi dan definisi dalam bersenang-senang kalian. Saya tidak berharap untuk didukung, tetapi saya lebih menghargai jika kamu mencoba untuk mengerti bahwa bukan berarti kamu sudah membayar, lalu kamu bisa seenaknya. 🙂

Pengangkatan Gaby Menjadi Kapten Tim J
Pengangkatan Gaby Menjadi Kapten Tim J

Tadaima Renaichuu sangat menjual gimmick MC di setiap show-nya. Hal yang sangat menyenangkan ketika kita bisa bertemu dengan member favorit kita, dan dibuat tersenyum hingga tertawa. Tetapi ada hal yang sangat terlewatkan di atas panggung seperti ‘Stage manner‘ hingga batasan antara member dan fans. Buat saya pribadi, MC adalah pelengkap dari sebuah penampilan antara bernyanyi dan menari.

Saya senang dengan fleksibilitas dan suasana dinamis pada saat MC, tetapi saya khawatir ketika kebanyakan bercanda adalah salah satu ‘pembunuhan karakter diatas panggung’. Jaga terus kharisma kalian yaa, karena kharisma itulah yang bisa membuat kalian sukses di luar kandang theater.

Original Line Up Tadaima Renaichuu
Original Line Up Tadaima Renaichuu

Banyak hal yang terjadi pada setlist ini. Suatu hal yang sangat menyenangkan bisa melihat Yupi dan Feni duet dilagu Mr. Kissman. Seakan-akan melihat seorang gadis mungil dengan energi yang tidak ada habisnya. Atau melihat Shania yang super jenius dalam memainkan ekspresi mulai dari hitam ke terang.

Team J bukanlah tim yang bisa dipandang sebelah mata. Melalui perjuangannya ditinggal oleh pioneer kuat mereka, Team J selalu berusaha untuk bangkit dan mencoba memberikan warna baru di setiap shownya. Tidak adil rasanya jika membandingkan Team J dulu dengan sekarang. Mungkin Team J bukan lagi tim terkuat untuk JKT48, tetapi sampai kapan pun Team J akan selalu menjadi pioneer untuk seluruh member JKT48.

Terima kasih Team J atas perjalanannya selama 2 tahun ini. Cinta memang tidak selamanya indah, tetapi cinta adalah sebuah kekuatan yang memberikan arti dari sebuah perjuangan. Sukses untuk setlist Idol no Yoake -nya yaa!

Image : Twitter, Facebook
Share to everyone
Creator of #lightstickwarnaungu | Hypebeast isn't destination, it's way of life | Let's talk about 48 and Sneakers! | @suryayaww

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here