Sudah 3 hari berlalu sejak artikel ini ditulis, konser tunggal team KIII yang bertajuk KIIIVSKIII masih meninggalkan momen tersendiri baik dari sisi fans maupun member. Konser KIII kali ini cukup unik karena berbeda dengan konser JKT48 sebelumnya. Tata panggung yang biasanya hanya penampilan dengan panggung 1 sisi, di konser ini diubah menjadi 2 sisi. Alhasil menyebabkan perubahan dalam sistem blocking member dari yang awalnya hanya koordinat 1 titik menjadi 2 titik. Oke ngga usah belibet ngurusin blocking, biarkanlah.

Setelah saya melakukan survey, ternyata konser kali ini ada plus dan minus nya. Untuk penyajian konser, selain 2 sisi, konsepnya masih sama seperti konser-konser JKT48 yang lain. Nilai plus dari konser ini adalah banyaknya ex-member JKT48 yang berpartisipasi, tentunya merupakan ex-member dari atau pernah bergabung di team KIII. Keadaan ini membuat fans dapat bernostalgia dengan menyaksikan “mantan” oshi mereka tampil lagi bersama JKT48, sangat emosional mungkin. Nilai minus dari konser ini sebenarnya cukup sering terjadi di acara-acara JKT48 lainnya, ya, adalah audio. Konser kali ini memiliki kualitas audio yang “jelek”, beberapa lagu dan MC yang tidak jelas terdengar, contohnya adalah saat membawakan lagu 19 nin shimai no uta, bagian monolog yang kurang kedengaran.

Konser KIIIvsKIII tim kuning(depan) tim biru(belakang)

Sudah cukup ya plus dan minus sepertinya, saya juga tidak mau membahas teknis, sekarang kita akan bahas “isi” dari konsernya. Konsep dari KIIIvsKIII adalah battle performance antara tim biru (tim senior) dan tim kuning (tim junior). Battle yang dimaksud bukan untuk mengadu siapa yang lebih baik dan siapa yang tidak, melainkan untuk sama-sama berkembang dan mengevaluasi diri. Hal ini pernah di-tweet langsung oleh Viny, saya sudah menyiapkan supaya teman-teman ngga perlu mencari lagi di twitter.

Konser KIII kali ini, akan saya bagi jadi 2 big event, yang pertama adalah battle performance dan yang kedua adalah mix performance. Kenapa cuma 2? Karena sisanya sama aja seperti konser kebanyakan, ngga perlu dibahas dan udah tau juga gimana euphoria-nya.

Battle Performance

Lebih gampang kalau saya sebut dengan unit song battle, karena battle performance ini adalah battle antar unit song, hmm…ya gitulah kira-kira. Jadi, dari tim biru dan tim kuning menyiapkan masing-masing kandidat mereka untuk membawakan unit song yang sudah ditentukan. Konser kali ini ada 6 unit song: Return Match, Blue Rose, 19 nin Shimai no Uta, Hatsukoi Dorobou, Dakishimeraretara dan Akai Pin Heel to Professor. Yang menarik dari battle ini adalah para junior (tim kuning) seperti bertandang ke markas senior (tim biru). Bayangkan saja ketika tim kuning harus bertanding membawakan Blue Rose yang dijaga ketat oleh Naomi dan Lidya, atau adu lucu saat perform Hatsukoi Dorobou melawan Yupi dan Sinka, belum lagi melawan kebanyolan Saktia dan Rachel di 19 nin Shimai no Uta, dan harus berlaga melawan Shani membawakan lagu Akai pin heel to professor.

Oh Tuhan, sangat berat perjuangan tim kuning kurasa. Tapi tapi tapi, hal itu hanyalah khayalan saya saja. Nyatanya kedua tim malah sangat menikmati penampilan mereka, tidak ada menang dan kalah, yang terlihat hanyalah bagaimana seorang senior mengajarkan seluruh kemampuan mereka untuk juniornya. Terlihat bagaimana tim kuning mengerahkan seluruh energi mereka untuk melampaui batas diri mereka demi mengejar seniornya. Sebuah perjuangan yang memorable dan sangat menyenangkan untuk dinimati.

konser KIIIvsKIII

Mix Performance

Sebenernya masih bisa dibilang battle performance juga sih, tapi sengaja dipisah biar lebih gampang buat saya untuk menjabarkan. Mix performance ini sedikit unik karena tim senior selalu melakukan rotasi member disetiap lagu sedangkan tim kuning full perform. Mungkin alasannya karena tim biru banyak ex-member yang secara sudah tidak mengikuti latihan fisik rutin, sedangkan tim kuning adalah mereka yang diuji, ini hanya “mungkin” ya, asumsi pribadi penulis. Puncak dari mix performance ini adalah membawakan medley lagu-lagu tim KIII. Uniknya, medley yang umumnya hanya berisi 3 sampai 4 lagu, kali ini Team KIII harus membawakan 7 buah lagu: Viva Hurricane, Cool Girl, Kaiyugyou no Capacity, Kamonegix, How Come, Don’t Look Back dan Escape. Langsung kebayang dong gimana capeknya medley 7 lagu yang semuanya upbeat begini. Ngga salah lagi kalau tujuan dari konser ini yaitu untuk melampaui batas diri masing-masing jelas terbayar lunas.

Dari pengalaman saya pribadi, konser KIII kali ini telah berhasil membangkitkan gairah KIII yang ada pada member-member junior. Konser ini juga telah berhasil untuk mempererat ikatan antara member senior dan junior. Cukup sekian tulisan saya tentang Konser Team KIII yang membawakan 27 lagu kali ini. Jika ada kesalahan pada judul lagu ataupun interpretasi terhadap konser tersebut saya mohon maaf. Apabila ada kalimat yang terlihat melebih-lebihkan, pecayalah itu hanya asumsi dan imajinasi penulis. Terimakasih atas waktu teman teman semua yang sudah menyempatkan membaca. Terkahir izinkan saya mengucapkan salam, “No KIII no PARTY!!”.

Images: Twitter
Share to everyone
Part timer || Amateur writer || ordinary fans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here