Salah satu hal menarik bagi saya tentang pengumuman Melody Laksani, General Manager JKT48, adalah tentang formasi member tiap team yang berjumlah 16 orang saja. Dengan ini, jika ditotal member dari 3 tim berjumlah 48 orang.

“Anggapan orang awam tentang member JKT48 berjumlah 48 orang bisa jadi benar,” begitu kata Melody.

Saya pun kemudian membuka JKT48.com, mencari formasi team yang sekarang. Lebih tepatnya saya menghitung jumlah team yang sekarang. Benar dugaanku! Ada yang kelebihan member dan ada yang kekurangan member. Saya pun menerka, mencoba menebak-nebak member mana yang demosi, atau pindah team, atau ada kemungkinan lainnya.

Mari kita telusuri. Ini hanya berdasarkan pendapat saya saja, ya.

Team J

Team J yang sekarang berjumlah 16 member, pas! Namun, ingat Kinal sudah mengumumkan graduate dan menjadi Kepala Sekolah JKT48 Academy nanti. Kemungkinan besar Kinal enggak akan masuk di formasi yang baru.

Jadi Team J berjumlah 15 member saja. Itu artinya, bakal ada 1 lagi member yang akan ditransfer ke Team J. Siapa dia? Apa dari Team K3 atau Trainee?

Team K3

Ini yang paling menarik. Team K3 sekarang berjumlah 20 orang. Siapa 4 member yang bakal tidak lagi di Team K3?

  • Ayana (yang double Team K3 dan T) sudah masuk hitungan di dalamnya. Dengan adanya formasi ReBoost ini, kemungkinan Ayana akan fokus ke Team T di mana dia menjabat sebagai Kapten.
  • Jika dilihat dari team utama Saka Agari waktu Shonichi, ada beberapa member yang tidak termasuk ke dalamnya, yakni Rachel, Sonia, Nadila, Aurel, Lidya dan Shafa (sudah graduate). Salah satunya kemudian menggantikan Chikarina yang juga sudah graduate. Artinya dari awal, Team K3 sudah punya member ‘cadangan’.
  • Ke-4 member ini bisa jadi ditransfer ke Team J atau Team T yang punya slot 1 member (atau lebih jika ada yang menyatakan graduate)

Team T

  • Ini juga menarik, dari awal Team T sudah kekurangan member. Bahkan sudah 2x mereka tampil di teater hanya 13 orang (itupun sudah ditambah Trainee).
  • Bisa jadi perombakan akan terjadi di sini, beberapa member akan diturunkan ke JKT48 Academy class A. Kemudian akan diisi oleh Trainee atau dari team lain.

Menarik ya seperti apa perubahan team per 30 Juni 2018 nanti. Entah kapan pengumumannya, entah pas tanggal 30 Juni 2018 bertepatan dengan Handshake event, atau bisa jadi pas handshake event adalah debut pertama formasi baru ini.

Kita tunggu saja kejutan dari kepemimpinan Melody di JKT48

Share to everyone
Temukan saya di pojokan coffee shop sambil baca buku atau ngulik laptop. Terbatas pada hari-hari tertentu saja | Twitter: @hasanjun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here